Sabtu, 04 Mei 2013

Dzikir, Ingat Nikmat dan Melihat ke Bawah

Termasuk faktor utama yang mendatangkan sikap lapang dada dan ketenangan adalah “Banyak berdzikir kepada Allah Ta’ala”. Dzikir kepada Allah Ta’ala akan memberikan pengaruh ajaib untuk mendapatkan sikap lapang dada dan ketenangan serta menghilangkan kesedihan dan musibah. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
“Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram” (Ar-Ra’du: 28)
Dzikir kepada Allah Ta’ala akan memberikan pengaruh yang besar dalam menggapai bahagia. Karena dia mempunyai keistimewaan dan karena adanya harapan hamba untuk mendapatkan pahala dan balasan Allah Ta’ala.
Diantara faktor lain yang mendatangkan sikap lapang dada dan ketenangan adalah: “Ingat dan membicarakan nikmat-nikmat Allah Ta’ala yang tampak maupun yang tidak tampak”. Dengan mengetahui dan membicarakannya niscaya Allah Ta’ala akan menolak kesedihan yang ada dan mendorong hamba untuk selalu bersyukur. Syukur adalah sikap yang sangat mulia dan berkedudukan terpuji, bahkan walaupun dia berada dalam kondisi fakir, sakit dan berbagai macam ujian lainnya. Bila seorang hamba ingin membandingkan antara nikmat-nikmat Allah Ta’ala yang banyaknya tidak dapat dihitung dengan jumlah musibah yang menimpa, tentu musibah itu tiada artinya.

Diakses dari http://meilana.wordpress.com/ (Mei 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar